3 Manfaat Sedekah yang Jarang Disadari oleh Kita

3 Manfaat Sedekah yang Jarang Disadari oleh Kita
3 Manfaat Sedekah yang Jarang Disadari oleh Kita





1. Memperpanjang umur
Manfaat sedekah yang pertama yaitu memperpanjang umur. Jika seorang muslim melakukan sedekah untuk orang yang berhak menerimanya, Allah SWT memperpanjang umur orang yang bersedekah. Hal ini karena orang tersebut mengeluarkan harta di jalan-Nya.

2. Terhindar dari kematian yang buruk
Jika seorang muslim gemar melakukan sedekah maka Allah SWT. akan melindunginya dari kematian yang buruk.

Sebagaimana terdapat pada hadits riwayat Tirmidzi dan lainnya, Rasulullah SAW. bersabda, "Bahwa sesungguhnya sedekah benar-benar dapat memadamkan kemurkaan Allah SWT. dan menghindarkan kita dari kematian yang sangat buruk.”

Berdasarkan hadits tersebut dapat diartikan bahwa bersedekah dapat menghindarkan seseoran dari kematian yang buruk. Kematian buruk dimaksud yaitu antara lain dalam keadaan sedang melakukan suatu maksiat.

3. Mendapat ganjaran yaitu dapat memasuki pintu khusus menuju surga
Barangsiapa yang rajin bersedekah akan mendapat ganjaran yang besar, yaitu pintu khusus menuju surga. Hal ini dikarenakan jika terdapat seorang muslim yang semasa hidupnya gemar bersedekah sama saja berjalan di jalan Allah, dan Allah sangat menyukai perbuatan sedekah.

Sebagimana telah disebutkan dalam hadits HR. Bukhari, "Orang yang memberikan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.”